[STONE GARDEN Bagian 1] – Rute ke Stone Garden



Stone garden merupakan tempat wisata berupa bukit yang dipenuhi dengan bebatuan. Lokasi stone garden berada pada satu area kawasan dengan Wisata Alam Goa Pawon di Kab. Bandung Barat. Karena tempatnya memang cukup jauh dari jalan raya, maka disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Meski dari gerbang ada pangkalan ojek yang biasa untuk mengantarkan para travelers mengunjungi objek wisata ini. Klik http://goo.gl/3D2Kqh untuk melihat kegiatan saya dan teman-teman di stone garden.

Hasil Pencarian "Goa Pawon" pada Google Map

Wisata Alam Stone Garden ini masih dalam tahap pengembangan menjadi tempat wisata yang lebih layak lagi. Di bagian pertama ini saya pengen cerita tentang akses menuju stone garden. Berikut beberapa rute yang dapat digunakan untuk mencapai stone garden.

1.       Dari Jakarta.
Dari Jakarta jika menggunakan tol Cipularang, keluar tol di gerbang tol Padalarang. Dari sana arahkan kendaraan ke arah cianjur. Selepas memasuki wilayah Desa Ciburuy (masih di kawasan Kec. Padalarang), bisa Tanya-tanya kepada warga sekitar letak posisi untuk masuk ke Wisata Alam Goa Pawon ( Meski stone garden sudah mulai dikenal, namun Goa Pawon lebih dahulu dikenal sebagai Wisata Alam di Kec. Bandung Barat). Jika tidak menggunakan tol cipularang, dari Jakarta bisa naik Bus Antar Propinsi yang melalui rute puncak/cianjur. Disini memang agak sulit tapi bisa ditanyakan ke kenek atau sopir untuk berhenti di Gerbang Goa Pawon. Tepatnya di daerah Desa Gunung Masigit.

2.       Dari Bandung.
Jika menggunakan tol cipularang, rutenya akan sama seperti rute dari point nomor 1. Jika menggunakan kendaraan pribadi/umum yang tidak menggunakan tol cipularang, travelers dapat menggunakan kendaraan pribadi/umum dari padalarang, arahkan ke cianjur. Setelah masuk ke daerah Desa Padalarang, bisa Tanya-tanya ke warga sekita. Untuk yang menggunakan angkutan umum, rekomendasi mudah yaitu dengan menggunakan DAMRI dari Alun-alun Bandung ke Alun-Alun Ciburuy. Turun di alun-alun ciburuy, kemudian nyebrang dari tempat turun dan naik angkutan umum berwarna kuning ke arah Raja Mandala, Tanya aja ke sopirnya mau ke Goa Pawon. Dari tempat gerbang bisa menggunakan jasa ojek, kalau jalan kaki lumayan jauh tempatnya.

3.       Dari arah barat ( Sukabumi, Bogor, Cianjur, Depok, Banten, Dsb) Bisa mengikuti rute point nomor 1.

4.       Dari arah timur ( Garut, Lembang, Ciamis, Tasikmalaya, Dsb ) Bisa mengikuti rute point nomor 2.

Dari gerbang masuk, akan ditemukan jalan beton yang sudah rapi dan layak untuk ditempuh. Perlu dicatat bahwa gerbang masuk ke Stone Garden ini ada dua lokasi, yang mana keduanya tidak terlalu saling berjauhan. Namun lokasi yang melalui Wisata Goa Pawon ini dibuat dan dibangun oleh pemerintah secara legal, sementara untuk lokasi yang satu lagi dibangun oleh warga sekitar dan terlihat seadanya. Plang menuju Taman Batu (AKA Stone Garden) – pun, dibuat seadanya dari papan kecil yang dituliskan dengan menggunakan cat putih di sekitar tempat mangkal ojek.

CATATAN PENTING:
1.       Apabila masuk melalui rute Taman Wisata Alam Goa Pawon, kita masuk melalui jalan yang lebih baik dan kepengurusannya dilakukan oleh pemerintah Kab. Bandung Barat secara resmi. Disini kita membayar Rp.5500 per Orang untuk masuk ke area taman wisata Goa Pawon, dan parkir untuk kendaraan roda dua Rp.2000. Disini ada penulisan daftar tamu, dan diberikan kertas tiketnya juga. Serta ada penjelasan sedikit mengenai area Taman Wisata Goa Pawon (dan Stone Garden). Dan setiap pengunjung mendapatkan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diingian.

2.       Apabila masuk melalui rute yang satunya lagi, maka pengunjung akan melalui jalanan pinggiran bukit yang cukup jauh namun terbayar dengan indahnya pemandangan sepanjang jalan. Karena saya belum pernah masuk melalui rute ini, mungkin tidak banyak yang bisa ditulis. Namun yang jelas tempat parkir berada lebih dekat ke taman Stone Garden, serta biaya masuk yang lebih murah yaitu Rp.3000 per orang. Namun jangan harap diberi tiket tanda masuk, penjelasan dari penjaga “loket” nya pun bilang jika biaya ini hanya untuk biaya kebersihan.

Sebenarnya ada sedikit perbedaan yang terjadi antara kepengurusan yang dilakukan oleh pemerintah (kepengurusan area Wisata Alam Goa Pawon) dan kepengurusan yang dilakukan oleh penduduk setempat. Namun hal ini akan diceritakan di bagian ke dua. Disini.

Berikut saya lampirkan QR Code Posisi Area Wisata Goa Pawon. Scan dengan menggunakan QRCode scanner pada smarphone.

Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Ezy
admin
22 Juni 2017 16.10 ×

makasih ulasannya yang sangat baik dan detail, mau juga nanti coba mampir ke stone garden, mau ambil foto foto kece

mampir juga ya tempat wisata di legian

Congrats bro Ezy you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment