Memperbaiki error status of 0xc000000e

Hari kamis kemarin dikagetin dengan nge-freez nya komputer ane yang di tempat kerja. Windowsnya cuma dipake 3 - 5 menit udah nge-freez kemudian muncul warning message "The instruction at 0x6B103292. The required data was not placed into memory because of an I/O error status of 0xc000000e.". Asli stress dikirain bakalan butuh clean install.


Setelah googling beberapa lama, akhirnya nemuin cara ampuh buat nge-fix troubleshoot di atas. Berikut ane tulisin tahapan-tahapan yang ane lakuin buat nge-fix error di atas:

Error message 0xc000000e


  1. Nyalain komputer, masuk ke windows (kalau gak bisa masuk windows, masuk safe mode juga bisa).
  2. Setelah login pada windows / safe mode, tekan tombol menu, kemudian ketik "cmd" tanpa tanda kutip.
  3. Klik kanan pada icon aplikasi CMD yang muncul, pilih "Run As Administrator".
  4. Setelah running, pada command prompt ketikan perintah " chkdsk /F /R C: ". Karena windows yang ane install ada di drive C maka setelah /F dan /R ane tulis C: .
  5. Windows akan menampilkan pesan akan menjalankan pengecekan hardisk pada drive C pada saat start windows selanjutnya. Hal ini dikarenakan pengecekan tidak dapat dilakukan pada drive yang sedang aktif digunakan sebagai OS, ketika OS berjalan.
  6. Restart komputer (klik start menu, pilih restart) *splak!!.
  7. Pada saat awal masuk ke komputer, akan muncul pesan bahwa windows akan melakukan pengecekan hardsik (chkdsk) yang sudah diperintahkan pada point nomor 4 di atas. JANGAN tekan tombol apapun, biarkan proses berjalan sampai selesai.
  8. Setelah selesai, maka windows akan me-restart kembali. Setelah itu login seperti biasa dan troubleshoot di atas pun akan hilang. Komputer sudah dapat digunakan lagi.
Sekian penjelasan singkat mengenai memperbaiki error status of  0xc000000e. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa klik iklannya :p
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Zabdi Hagai
admin
6 Juni 2016 21.02 ×

Saya juga mengalami hal sprti ini, utk proses pengecekan disk brp lama?

Reply
avatar
Zabdi Hagai
admin
6 Juni 2016 21.02 ×

Saya juga mengalami hal sprti ini, utk proses pengecekan disk brp lama?

Reply
avatar
maoels
admin
7 Juni 2016 09.02 ×

Tergantung dari besar kapasitas partisi yang akan di check. Semakin besar kapasitasnya semakin lama, tapi kalau memang ada kerusakan sector pada saat checking, meski kapasitas tidak terlalu besar namun bisa membuat lama proses checking.

Saran sih mendingan kalau mau checking, ketika komputer tidak dipakai dalam waktu yang agak lama, bisa ditinggal tidur atau ketika jam diluar aktifitas.

Reply
avatar
Fadhli Agung
admin
29 Oktober 2017 16.12 ×

Pada Windows 8 gimana ?

Reply
avatar
Fadhli Agung
admin
29 Oktober 2017 16.14 ×

Pada Windows 8 gimana ?

Reply
avatar
Thanks for your comment