Rumah Makan Pawon Salarea Cimahi



Setelah nulis tentang Hashi RamenCimahi, sekarang giliran nulis salah satu tempat makan yang recommended di sekitaran Cimahi. Letaknya tidak jauh dari Alun-alun Cimahi kok. Kali ini saya pengen nulis tentang rumah makan yang menunya cocok buat pecinta pedas. Mungkin juragan dan sista disini pernah berkunjung ke tempat makan ini. Di bulan puasa biasanya banyak banget yang waiting list buat ngebooking tempat ini sebagai tempat buat kumpul buka bersama. Nama tempatnya Pawon Salarea.
Bagian depan tempat makan, maap burem buru-buru ngambil fotonya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, tempat ini berlokasi tidak jauh dari Alun-alun cimahi. Dari jalan Kaum di samping Mesjid Agung Kota Cimahi, kita mengarah ke utara melalui jalan Citereup. Sebelum belokan ke jalan Encep Kartawiria, disebelah kanan akan terlihat Rumah makan dengan konsep tradisional. Bangunan bagian depan dibuat dari bahan Bambu. Kalau masih pusing, coba di googlemaps cari saja dengan keyword “RM. Pawon Salarea Cimahi”.
Peta RM. Pawon Salarea Cimahi di Google Maps

Di bagian depan rumah makan Pawon Salarea ini terdapat banner ukuran besar menampilkan beberapa menu yang disajikan. Diantaranya, ada bakso Mercon, bakso granat, mie ayam, serta beberapa paket menu nasi, dsb. Tempat parker di sini memang kurang begitu luas, terlebih jika bawa kendaraan roda empat atau lebih, paling parkir mepet-mepet di samping jalan raya. Sementara untuk pengguna roda dua tempat parkirnya cukup lah untuk 10 sampai belasan motor.
Bagian depan RM. Pawon Salarea Cimahi

Bagian depan RM. Pawon Salarea Cimahi

Dibagian dalam dekorasinya juga terkonsep tradisional, dindingnya sebagian menggunakan bilik dari anyaman bambu, sementara di bagian belakang sudah menggunakan tembok biasa. Ada dua pilihan tempat makan bagi pengunjung, yaitu duduk lesehan dan juga duduk di kursi biasa. Pengunjung dapat memilih duduk lesehan dibeberapa tempat yang terbuat dari bambu yang sudah disediakan (WARNING!! Perhatikan tempat lesehan, pastikan tidak ada paku yang menonjol keluar. Pengalaman saya celana robek gara-gara paku yang keluar dari tempat lesehan.) Sementara untuk meja biasa, satu meja mampu menampung sampai dengan 4 pengunjung, meski bisa pengunjung custom dengan menggabungkan beberapa meja menjadi satu meja besar.

Tempat makan pengunjung, lesehan atau di meja. Yang jelas jangan lesehan di meja

Ditempat makan ini juga ada mushola kecil banget untuk pengujung shalat. Tempat wuldhunya satu tempat dengan toilet, tapi tenang kebersihan toiletnya terjaga kok. Mushola berada dibagian kiri bangunan rumah makan, tepat di samping dari kasir dan stand Bakso. Tempat cuci tangan pengunjung juga ada ada didepan toilet serta di samping kasir, soalnya kalau makan nasi disana enaknya bare-hand . Pelayan disini pun cukup ramah, dan gak ada pasang muka judes semuanya keep smileeee..
Mbak pekerjanya lagi dandan di deket tempat cuci tangan belakang

Akhirnya sampe juga ke pembahasan utama yaitu tentang menu makanan yang disajikan. Di RM. Pawon Salarea ini ada 2 jenis makanan utama makanan paket nasi dan juga bakso. Semua makanan disajikan cukup pedas. Harga untuk paket nasi tidak lebih dari 15 ribu rupiah, jadi buat para kere-ers akhir bulan tapi ditagih traktiran sama pacar ini tempat yang gak terlalu bikin dompet bolong. Untuk bakso rata-rata harganya 10 ribu rupiah, enak dan juga halal (ini yang paling penting).  Sementara untuk minuman paling mahal di harga 8 ribu rupiah, dan paling murah 4 ribu rupiah, meski bisa lebih hemat lagi bawa minum dari rumah cuma gengsi lah ya.. Disini pengujung diberikan pilihan untuk paket nasi, apakah akan menggunakan ayam/ikan bakar atau goreng, pilih sesuai selera harganya sama.
Daftar Menu Paket Nasi RM. Pawon Salarea

Daftar Menu bakso, minuman, dan tambahan lainnya di RM. Pawon Salarea

Satu lagi yang unik dari tempat makan ini selain konsep tradisional menggunakan bahan dari bambu, juga dalam penamaan menu makanan yang disajikan dibuat unik. Misal, ada Nasi Janda yaitu singkatan dari Jambal Lada dimana menu nasi disajikan dengan ikan jambal, ada juga Nasi KTP yaitu singkatan dari Kriuk Tempe Pedas. Mungkin cara ini ditujukan supaya pelanggan mudah dalam mengingat nama dari menu. Sekali lagi, disini rata-rata menu makanannya makanan pedas, nasinya juga dibuat pedas. Segitu dulu kali ya review tempat makan kali ini, akhirul kata, selamat nguliner.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment