Merubah Atribut File mp3

Assalamualaykum,

Postingan minggu ini ane pengen berbagi pengalaman ane tentang merubah attribute file mp3. Contoh kasusnya misal, kita mendownload file mp3 dari berbagai source dan masing-masing memiliki atribut yang berbeda padahal masih satu album. Disini ane mau tunjukin bagaimana cara membuat file mp3 yang berbeda atribut itu diubah menjadi satu album utuh seperti mp3 asli.

Software yang dibutuhkan buat adalah Mp3Tag. Mp3Tag ini merupakan software gratis yang powerful dan mudah untuk digunakan untuk mengubah meta data dari file-file audio yang berformat umum seperti ID3v1, ID3v2.3, ID3v2.4, iTunes MP4, WMA, Vorbis Comments dan APE Tags. Software ini mampu me-rename file beradasarkan informasi tag. Serta mampu menambahkan image cover album pada file mp3. So, langsung aja berikut tahapan-tahapannya. Download installer Mp3Tag nya di bawah ini.



http://download.mp3tag.de/mp3tagv266setup.exe

1. Download installer Aplikasi Mp3Tags pada link di atas, instal sampai selesai.
2. Buka aplikasi Mp3Tags, maka akan tampil jendela di bawah ini.
Jendela utama aplikasi
3. Pada jendela utama, klik menu File --> Pilih Add Directory...
Pemilihan Direktory

4. Pada jendela pemilihan direktori, arahkan ke direktory dimana file-file Mp3 yang akan kita ubah metadatanya disimpan. Klik tombol Select Folder apabila sudah diarahkan.

Pemilihan direktori
5.Secara otomatis file Mp3 yang ada pada folder tersebut akan dimasukan kedalam aplikasi, dan ditampilkan dalam bentuk list seperti di bawah ini. Perhatikan pada kolom album masing-masing file mp3 memiliki value yang berbeda, serta file mp3 tidak memiliki cover.
File yang sudah dimasukan pada daftar

6. Pada panel sebelah kiri tampilan aplikasi, terdapat form-form isian. Ketika salah satu file Mp3 yang ada pada daftar di klik, maka form pada panel tersebut menampilkan value dari meta data file mp3nya. Dalam kasus ini kita akan melakukan perubahan yaitu menyamakan value kolom Album, dan menambahkan Gambar Cover pada file mp3. Karena yang akan diubah adalah semua file yang ada pada daftar, maka lakukan pemilihan semua file dengan menekan tombol Ctrl + A.

7. Pada panel kiri, arahkan ke form Album, isikan sesuai dengan keinginan. Perubahan ini akan diterapkan pada semua file Mp3 yang ter-select pada list. Pada bagian bawah di panel kiri aplikasi ini, klik kanan kemudian pilih Add Cover...
Perubahan value meta data

8. Pada saat add cover, pilih file image yang akan dijadikan tampilan cover yang diterapkan pada masing-masing mp3 file. Klik tombol Open apabila sudah melakukan pemilihan.
Pemilihan image cover
9. Setelah perubahan dilakukan, klik menu File --> Save tag. Untuk melakukan penyimpanan perubahan meta data. Setelah di ubah, dan berhasi di simpan. Maka berikut tampilan hasil perubahan meta data pada file mp3nya.
Hasil perubahan meta data



Previous
Next Post »
Thanks for your comment