Danau Tolire



Setelah sebelumnya main di area pantai, kini mulai naik lagi ke daratan tapi buat ketemu air lagi. Di Ternate ada danau yang terkenal yaitu danau Tolire. Menurut wiki, jarak dari KotaTernate ke danau tolire ini sekitar 10 KM. Danau ini berada persis di bawah kaki Gunung Gamalama. Ada beberapa keunikan tentang danau ini, dimana kedalaman dari danau ini tidak diketahui yang konon kata para leluhurnya danau ini memiliki kedalaman berkilo-kilometer dan terhubung dengan laut.

Tiba di lokasi, pengunjung akan disambut oleh para penjual jagung bakar dan jambu air. Disini lumayan sepi dan masih terjaga kelestariannya. Belum terlihat rumah-rumah penduduk disekitarnya, membuat lokasi menjadi lebih nyaman, dan alami. Disini juga ada yang menjual batu untuk dilempar ke danau. Kenapa begitu?! Karena ternyata keunikan lain dari danau ini adalah ketika pengunjung melemparkan batu ke arah danau, sekuat apapun lemparannya maka lemparan tersebut tidak pernah sampai ke pusat danau. Perlu diketahui juga lokasi danau ini seperti wadah, dimana air berada di bagian bawah dan pengunjung hanya bisa menikmati dari pinggir atas danau. Kata orang lokal sini sih adanya medan grafitasi yang kuat yang membuat batu atau benda yang dilempar tidak pernah sampai ke pusat, dan hanya jatuh di tepian saja, sekuat apapun lemparannya.

diambil dari: http://www.liburanku.web.id
Menurut cerita lokal dikutip dari wiki menjelaskan mitos terbentuknya danau tolire tersebut adalah sebagai berikut:


Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil, menurut cerita masyarakat setempat, dulunya adalah sebuah kampung yang masyarakatnya hidup sejahtera. Kampung ini kemudian dikutuk menjadi danau oleh penguasa alam semesta, karena salah seorang ayah di kampung itu menghamili anak gadisnya sendiri. Saat ayah dan anak gadisnya yang dihamilinya itu akan melarikan diri ke luar kampung, tiba-tiba tanah tempat mereka berdiri anjlok dan berubah menjadi danau. Danau Tolire Besar dipercaya sebagai tempat si ayah. Sedangkan Danau Tolire Kecil diyakini sebagai tempat si gadis.


Bagaimanapun, datang ke danau ini tidak lah rugi. Dimana pengunjung bisa menikmati 3 pesona keindahan ternate yaitu Gunung Gamalama di bagian atas danau, kemudian danaunya sendiri dengan berbagai cerita mistisnya, dan hamparan laut yang luas, ane pribadi bilang ini wisata alam 3 in 1, susah ditemudi di pulau Jawa.



Previous
Next Post »
Thanks for your comment