Pantai Sulamadaha



Ternate emang tempat luar biasa, dengan orang-orang yang tingkat kesabarannya tinggi disini semuanya dimanjakan oleh sumber daya alam yang melimpah. BTW, kenapa ane bilang orang ternate itu memiliki kesabaran yang tinggi? Karena selama ane disana, meski lalulintas cukup ramai dan beberapa kali mobil yang membawa ane hamper nyerepet motor atau bahkan mobil lain, tapi gak ada satu bahasa hewan pun yang keluar. Beda banget kalau di Bandung atau Jakarta, nyenggol dikit gak baret gak apa udah pada keluar deh daftar nama absensi penghuni kebun binatang. Kembali ke sumber daya alam yang indah, diternate ini terdapat suatu pantai yang terkenal karena kejernihan airnya. Nama pantainya Sulamadaha.

Dari kota ternate kita terus menuju arah bandara namun mengambil jalur jalan bawah untuk mencapai lokasi pantai Sulamadaha ini. Waktu ane disana, ane diculik di waktu pagi jadi waktu itu pantai masih syepiii. Pantai disini sudah di revitalisasi oleh Kementerian PU waktu dulu, sehingga tempatnya lebih nyaman untuk pengunjung. Dengan banyaknya jejeran kursi dan warung-warung yang menawarkan makanan khas daerah, pantai ini menjadi destinasi wisata yang daebak buat dikunjungi, terlebih kalau sama pasangan sambil ngabuburit.

Waktu itu ane kepantai ini masih amat pagi, sampai-sampai pos jaga tiketpun masih belum buka. Jadi ane sama rombongan masuk begitu saja. Dari tempat parker menuju ke lokasi utama kita harus berjalan sekitar 1 KM, tapi gak usah khawatir jalan disana sudah bagus jadi perjalanan pun lebih nyaman, terlebih sepanjang perjalanan kita disuguhkan pemandangan jejeran kepulauan yang ada di sebrang Pulau ternate, jadi sepanjang jalan sambil terus ngambil foto. Perjalanan 10 menit dari tempat parkir kita sudah sampai di tempat utama, tempatnya seperti berupa teluk.

Perjalanan dari tempat parkir ke tempat utama
Air laut di pantai ini bener-bener jernih sampai-sampai kita bisa melihat apa yang ada di  dasar tanpa menggunakan alat bantu. Di bagian teluk ini kita disuguhkan juga pemandangan yang alami dimana hutan langsung bertemu dengan laut, berasa di amazon amazon gitu. Berhubung hari masih pagi, jadi disini masih banyak para nelayan yang memarkirkan perahu-perahunya. Meski begitu, tidak membuat rombongan ane mampu menahan untuk masuk kedalam air. Pokoknya kalau mampir ke Ternate, harus pake banget dating ke tempat ini. Keren abis!
Nyemplung 

Tempat utama, meski hujan tetep indah

Masih ada perahu yang merapat

Masih syepii

Anak-anak warga lokal menghabiskan liburan buat berenang

1 KM mah gak kerasa, viewnya itu ruuuar biasa!!


Previous
Next Post »
Thanks for your comment