Rute ke Hidden Paradise The Sanghyang Heleut [Part 1]

Yo guys para traveler kere, eh backpacker maksudnya. Kali ini ane bakalan ngebahas mengenai perjalanan traveler kere bersama 3 temen maho  traveler. Destinasi yang didatengin kali ini gak begitu jauh dari tempat tinggal ane sama temen-temen yang masih perjaka ting ting ini. Letaknya ada di Bandung barat, tepatnya di daerah Raja Mandala.

Untuk mencapai tempat ini, you guys kalau pakai mobil dan keluar dari tol padalarang, ambil arah ke cianjur, sampai ke pasar Raja Mandala, kemudian ambil belokan ke kiri. Kalau dari arah jakarta, bogor, cianjur, dan daerah sebelah barat jawa barat lainnya, ambil rute ke arah Raja Mandala, kemudian belok kanan di pertigaan yang ada di samping Pasar Raja Mandala. Dari arah pasar, terus masuk kedalam, ikutin jalan utama, sampai bertemu dengan PLTA Indonesia Power Saguling. Nah disini ambil terus rute yang nanjak, disana ada plang kecil pake banget yang tulisannya kira-kira "Tempat Parkir Pariwisata Sanghyang Heleut".

Disini bakalan disamperin sama mamang-mamang dengan muka preman ganteng, dan baik hati. Nanti bakalan ditarif sekitar 20.000 rupiah perorang. Ini dikarenakan ketika kita menuju Sanghyang Heleut, kita WAJIB mengikutkan guide. Seperti judul bahwa Sanghyang Heleut ini adalah hidden paradise, yang artinya syurga tersembunyi, dan saling bagusnya bersembunyi tempatnya beneran masuk ke dalam hutan. Cekidot di foto-foto yang akan disertakan disini. Karena ane bertiga ane bayar 60.000 rupiah, dengan catatan 40.000 buat guide, dan 20.000 untuk ketidak jelasannya #eh. Ah pokoknya klo dah sampai TKP harus masuk, jadi gk peduli lah harus ngeluarin duit mah asal kagak mahal-mahal amat

Track pertama bakalan ngelewating pipa super guede milik Indonesia Power, pipa warna kuning ini menjalar dari bagian atas bukit ke arah bawah, dengan diameter mungkin bisa sampai 3 - 6 meter, SERIUS. Setelah itu kita akan menyusuri jalan setapak dengan rute agak menurun, jadi gak bakalan terlalu capek kalau pulangnya jangan ditanya lah. Disepanjang perjalanan bakalan diperlihatkan pemandangan alami, ada kebun, ada lembah, dan hutan yang belum pernah terjamah #tsah..

Ketika you guys bertemu dengan plang arah Sanghyang heleut seperti foto orang ganteng di bawah paragraf ini. Itu hanyalah ilusi, Sanghyang Heleut masih ada separuh jalan lagi dari plang sana, sekitar 20-30 menit jalan kaki menyusuri samping sungai.Jadi kalau ditotal, perjalanan menggunakan kaki dari tempat parkir ke Sanghyang Heleut ini akan memakan waktu 40 - 60 menit perjalanan, tergantung siapa yang dibawa. Kalau bawa kakek nenek mungkin bisa seharian perjalanan, meskipun ane pribadi salut sama kakek nenek you guys klo mau ikut.

Sepanjang perjalanan menyusuri pinggiran sungai, kita disuguhkan dengan pemandangan alami, dan masih belum terlihat terlalu terjamah oleh manusia, it wonderfull right? Sepanjang jalan juga bakalan ada beberapa jembatan, dan tangga yang dibuat dari kayu seadanya oleh para "pengelola" lokal hidden paradise ini. Tapi jangan salah, disepanjang perjalanan juga akan menemukan beberapa spot yang cocok sebagai tempat narsis, eksis, tanpa kudis (iklan: pakai kalpanax).

Capek juga ngetik, bersambung ke part2 ya. Klik DISINI AJA.