First Aid untuk Laptop Yang Tidak Dapat Menyala

Sambil nunggu siang, belum ada kerjaan juga, mendingan posting dulu. Ok guys, kali ini yang bakalan ane bahas adalah bagaimana cara deteksi awal atau tindakan pertama kali ketika secara mendadak laptop atau notebook kalian tidak dapat menyala (ini menyala atau berfungsi sih nulisnya, bingung ah, ya sudahlah. Tau sama tau aja).

image from http://ratugadget.blogspot.co.id/
Case-nya misalkan seperti ini, some day laptop kalian ketika dalam keadaan mati dan mencoba untuk dinyalakan tidak dapat menyala, tidak ada tanda-tanda mau boot up, sudah dicolok kabel power pun masih tidak mau menyala, indikator listrik di laptop masih berfungsi normal, menunjukan listrik masuk, tapi masih tidak mau menyala ketika menekan tombol power. Jangan khawatir, coba dulu tindakan awal seperti step by step di bawah ini:

  1. Tekan tombol power agak lama ketika dalam keadaan kabel power terhubung ke listrik.
  2. Jika masih tidak ada reaksi, cabut kabel power (kabel charger-an laptop) dari laptop you guys.
  3. Buka battery (batre, baterai, battray) laptop you guys, kemudian tekan tombol power lagi agak lama.
  4. Apa yang terjadi?! Tentu saja tidak menyala, kan gak ada sumber power listrik.
  5. Setelah beberapa saat, pasang kembali battery (batre, baterai, battray) laptop you guys dengan baik dan benar, dan halal. Halal itu penting.
  6. Coba tekan kembali tombol power pada laptop dengan kondisi battery sudah terpasang. Harusnya sekarang sudah berfungsi normal kembali
Apa yang terjadi apabila tidak juga menyala, coba lakukan charge dulu ke laptopnya, biarkan sampai penuh dengan melihat battery indikator pada laptop berwarna hijau (pada umumnya). Apabila masih tidak menyala, ada kemungkinan part untuk supply listrik pada bagian dalam komponen laptop mengalami kerusakan, segera bawa ketempat service yang tepat dan terpercaya. (iklan: *ada yang mau pasang alamat service komputer di sini? hehe).

So segitu dulu ya guys, dikarenakan sudah banyak orang juga di kantor dan sampai berjumpa pada tips dan trik berikutnya.. ciao..


Previous
Next Post »
Thanks for your comment