Memperbaiki start menu WIn 10 dan cortana yang tidak terbuka setelah instal App Corel Draw

Mumpung nemu signal, huehue belakangan ini idup di "utan" susah bener buat bloging doang.

Jadi ini kejadian udah sering banget ane alamin, tapi "pinternya" kejadian berulang kali tetep aja gk diperhatiin apa yang jadi sumbernya. Cerita dulu boleh ya, once upon a time, there was a gold fish.. aih ngiklan. Jadi gini, ane pake OS Windows 10 32 Bit di leppy, punya kasus start menu sama cortana gak bisa kebuka, ditambah parah semua bawaan windows jg jadi gk bisa kebuka. Udah lebih dari 4 kali dalam 2 bulan ini leppy di instal ulang, penyakita ya itu windows jadi "error". Setelah pasrah pada Allah SWT, akhirnya diberikan juga secercah cahaya petunjuk. Ane disadarkan ternyata, ini Windows 10 yang "error" ini, hanya error ketika telah diinstal Aplikasi Corel Draw. Corel Draw yang ane pake versi X3, jadul tapi ringan, so far buat desain kerjaan jg udah cukup.

Setelah googling sana sini, akhirnya ketemu sama link ini. Blognya pake bahasa inggris sih, cuma biar gampang ane terjemahin ya.

Intinya error tidak dapat terbukanya start menu dan cortana pada windows 10, yang berefek juga pada tidak dapat di-running kannya aplikasi bawaan windows adalah karena ada kesalahan pada registry, yang diakibatkan oleh proses instalasi aplikasi Corel Draw. Cara memperbaikinya adalah sebagai berikut:


  1. Buka aplikasi regedit dengan cara klik kanan pada menu Windows 10 yang "error", kemudian pilih "Run".

  2. Kemudian pada jendela aplikasi "Run" ketikan Regedit.
  3. Pada aplikasi Registry Editor AKA Regedit, cari tulisan "HKEY_CLASSES_ROOT", klik kanan pada tulisan itu kemudian pilih "Permissions.."
  4. Harusnya, pada jendela Permissions for HKEY_CLASSES_ROOT itu pada list Group or User Name ada "ALL APPLICATION PACKAGE".
    http://vendyxiao.com/how-to-fix-windows-10-start-menu-and-cortana-cant-be-clicked-after-installing-corel-draw/
  5. Jika tidak ada, maka klik tombol "Add" pada bagian bawah list tersebut, kemudian pada jendela Select Users and Groups, ketikan "ALL APPLICATION PACKAGE" harus sama persis ya, copas aja kalau malas ngetik, kemudian klik tombol Check Names. Kalau gak salah ketik maka akan ada garis bawah pada tulisannya, kemudian klik tombol OK.
    http://vendyxiao.com/how-to-fix-windows-10-start-menu-and-cortana-cant-be-clicked-after-installing-corel-draw/
  6. Sekarang pada list Permissions for HKEY_CLASSES_ROOT sudah ada tambahan kan? Klik pada list "ALL APPLICATION PACKAGE". Klik Read pada baris Allow, kemudian klik OK.
    http://vendyxiao.com/how-to-fix-windows-10-start-menu-and-cortana-cant-be-clicked-after-installing-corel-draw/
  7. Restart komputer, dan semua kembali normal.
Segitu dulu tutorial berantakan ini, semoga bermanfaat dan membawa keberkan untuk kita semua Aamiin. Sekian dari saya, salam bersama maju bersama, oke oce #eh. 

Buat narik di pencarian:
Start menu Windows 10 tidak berfungsi [SOLVED]
Aplikasi Photo Windows 10 tidak berfungsi
Memperbaiki start menu Windows 10
Previous
Next Post »

5 komentar

Click here for komentar
Rukhan Heck
admin
25 April 2018 pukul 13.11 ×

coba dlu gan, saya juga punya permasalahan yg sama

Reply
avatar
Gurit Indra
admin
28 November 2018 pukul 22.00 ×

sound speaker ku ikut gabisa gan gimana ya? solusinya

Reply
avatar
8 Juni 2019 pukul 20.01 × Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
21 Juli 2019 pukul 23.11 ×

ALL APPLICATION PACKAGE nah setelah menambahkan ini pasti sound speaker dak bisa, untuk solusi download driver audio dari web resminya terus instal.

Reply
avatar
nafiru
admin
3 Agustus 2019 pukul 09.15 ×

Kirain ada solusi biar x3 bisa tetep diinstal di win 10 tanpa menyebabkan eror gan?

Reply
avatar
Thanks for your comment