Wisata Alam Cimanggu

Finally, jalan-jalan kere is back! Hi guys, ane sama temen-temen kere ane mau review tentang salah satu tempat rekreasi di daerah Bandung Selatan.


Akhir-akhir ini cuaca Bandung dingin banget, ujan terus-terusan, kalo gak ujan ya mendung terus-terusan. Berhubung jadwal sinkron, akhirnya ane sama temen-temen jalan-jalan kere ini ngerencanain refreshing, supaya cocok dengan suhu Bandung yang dingin terus keknya asik buat berendem di air anget. Di Bandung sendiri banyak banget pariwisata yang menyuguhkan tema berendam air panas, mulai dari Bandung Utara, Bandung Selatan, sampe ke kabupaten tetangga Bandung aja ada. Berhubung Bandung Utara pasti bakalan macet banget apalagi kalau akhir pecan, makanya dipilihlah destinasi di daerah Bandung Selatan.

Di Bandung Selatan banyak juga yang menyediakan fasilitas berendam air hangat, mulai dari yang baru dan modern temanya, sampai yang dari dulu sampe sekarang gitu-gitu juga ada. Dari beberapa pilihan akhirnya dipilihlah Tempat Pemandian Air Hangat Cimanggu. Tempat Pemandian Air Hangat Cimanggu ini merupakan salah satu tempat rekreasi yang cukup tua juga di daerah Bandung Selatan. Pertama ane kesana itu waktu kelas 2 SD, sekitar 20 tahunan yang lalu. Ane sama temen-temen berangkat dari daerah Padalarang, menyusuri jalur Cimareme ke arah BatuJajar. Dari situ nyari arah lagi ke Stadion Sijalakharupat, dari sana lanjut ke arah Soreang. Dari Soreang tinggal cari arah ke Ciwidey, kalau udah nemuin jalan yang terus-terusan konturnya menanjak, you are on the right path.

Sepanjang perjalanan di daerah Ciwidey, kiri kanan banyak pake banget tempat yang nawarin wisata mulai dari petik Strawberry, Rumah Makan, Hotel, Pemandian Air Panas, Outbound, dsb. Jarak Cimanggu sendiri dari Soreang gak terlalu jauh, soalnya tempatnya sebelum Tempat Pemandian Air Panas Ciwalini, sama Situ Patenggang. Simple nya kalo sudah sampai Situ Patenggang, Cimanggu udah kelewat –lumayan jauh-
Papan nama Tempat Wisata Alam Cimanggu

Disini ane 1 motor, dan tiap motor 2 orang total biaya untuk masuk Rp.52.000, sementara di dalam parker bayar lagi Rp.5000. Lumayan sih buat yang niatnya berhemat, tapi ya sudahlah. Tempatnya lumayan luas, tempat parkir juga banyak, bus masuk banyak lah. Ada tempat bermain buat anak-anak juga di bagian dekat tempat parkir, kalau gak salah namanya taman kura-kura. Suasana disana ternyata gak terlalu banyak berubah dari 20 tahun yang lalu. Pohon-pohon gede nya masih banyak, dan di bagian belakang tempat air panas tetep masih hutan, langsung melihat puncak bukit. So far sih lumayan enak, ada pemandangan sama suasana yang 180 derajat beda dari Kota Jakarta.
Kolam anak yang ada prosotan, dan Kolam tengah

Di Pemandian Cimanggu ini, ada 3 kolam, yaitu kolam untuk anak-anak, untuk dewasa 2 kolam. Yang membedakan Cuma kedalamannya saja, kalau masalah hangatnya ane coba sih gak terlalu banyak berbeda satu sama lain. Kolam paling dalam paling Cuma 1,5 meter, sementara klo yang paling dangkal sebetis orang dewasa paling. Di sekitar kolam disediakan “saung” atau tempat buat pengunjung menyimpan barang bawaanya. Setiap saung disewakan (haish, bayar lagi, ya bayar lagi, damn!) Rp.25.000 tapi kalau pinter nawar sih Rp.20.000 juga dikasih. Karena waktu itu masih sepi pengunjung, jadi dikasih deh harga segitu.
Keseluruhan Kolam

"Saung" yang ada di pinggiran kolam

 Air di pemandian warnanya gak bening, tapi agak kehijauan terutama di bagian kolam orang dewasa karena ane banyak ngabisin waktu disana. Banyak juga lumut-lumut yang ada di kolam, jadi nyoba berenang kadang kemakan #eh. Karena cuaca super dingin, jadi kolam nya gak kerasa terlalu panas, yang kerasa panas banget sih di tempat pipa yang ngalirin air panas dari sumber ke kolam. Disini gk banyak tempat bermain air seperti di beberapa tempat pemandian air panas lain di sekitarnya. Di kolam untuk anak-anak juga cuma ada perosotan yang biasa saja, dan gak ada yang pake.
Warna airnya ya begitu huehue


Ane sama temen-temen cuma sekitaran 3 jam disana, soalnya emang gak mau pulang malem. Jarak waktu tempuh dari Cimanggu ke Padalarang sekitar 2-3 jam, selow. Abis berendam disana mulai lagi agak kecewa soalnya tempat bilasnya gk ada, tempat gantinya juga “begitu” bau bekas pipis orang, hadeuh. Akhirnya pembilasan dilakukan pake air yang terus ngalir di deket tempat pipis, gak jelas deh itu air buat apa, tapi daripada gak bilas sama sekali ya syudah, dipakai saja. Pulang ke rumah WAJIB MANDI!! Sebenernya tempat ini luasnya asik buat rekreasi keluarga besar, atau rombongan yang pake Bus, toh di bagian depan juga ada rest area yang punya halaman parkir luas.


Over all sih, kalau buat pengen jalan-jalan super hemat keknya ini bukan tempat yang terlalu recommended. Tapi kalau nyari tempat yang suasana alamnya mendominasi, yang masih berasa hutan gunungnya, ini tempat bagus kok. Terutama kalau yang udah jenuh sama suasana Pusat Kota Jakarta yang sumpek sama kendaraan. Meski harganya menurut ane lumayan, tapi emang standar harga tempat rekreasi di daerah ciwidey segitu sih. Seenggaknya niat buat refreshing terlaksana juga, itu pointnya. Berhubung kalau rute yang ane ambil bolak balik lewat Stadion Sijalakharupat, ya sempetin dulu deh buat rest di sana, banyak anak-anak belajar roller skate, keren pinter2 dah mainnya, calon atlet. Sampai disini dulu cerita jalan-jalan kere ini, semoga ada hikmah disetiap kejadian.
Sijalakharupat sebagai rest area >.<

Previous
Next Post »
Thanks for your comment