Mengatasi Ransomware WannaCry pada Komputer

Hi guys, kali ini ane mau sharing langkah-langkah yang bisa meminimalisir kemungkinan serangan dari Ransomware WannaCry yang lagi heboh itu. Apa yang ane jelasin di bawah ini adalah langkah-langkah yang cuma bisa dilakuin di Windows versi 8 ke atas (8.1, dan 10). Buat pengguna Windows 7 kebawah, mending update aja antivirusnya ke virus definition paling baru. Langsung aja ini caranya:


1. Buka Windows Powershell, dengan cara klik tombol start kemudian ketikan "Windows Powershell", tanpa quotation ya.
2. Klik kanan pada icon Windows Powershell yang muncul di Start Menu, kemudian pilih "Run As Administrator".


3. Maka akan muncul Windows Powershell, bentuknya seperti Command Prompt dengan latar belakang warna biru tua. Oke setelah ini ketikan perintah:
Set-SmbServerConfiguration -EnableSMB1Protocol $false
kemudian teken tombol Enter. Teken huruf A pada keyboard apabila muncul pertanyaan setelah mengetikan perintah di atas.
4. Setelah itu cek, apakah service sudah disable dengan cara mengetikan perintah
Get-SmbServerConfiguration | Select EnableSMB1Protocol, EnableSMB2Protocol
Tekan tombol Enter.
5. Apabila muncul informasi seperti di bawah ini, maka service SMB sudah berhasil dihentikan. Seperti yang diketahui bug dari SMB ini yang dijadikan celah buat Ransomeware WannaCry masuk ke komputer kita.

Meski sudah mengikuti langkah-langkah di atas, tetep penanggulangan dari Attacker harus terus dilakukan misalkan dengan mengupdate Patch OS Windows, atau dengan selalu update Virus Definition dari Antivirus yang kita gunakan. Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu temen-temen yang galau sama Ransomware yang agak mengerikan ini.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment