Wisata Waduk Cirata



Waduk Cirata merupakan salah satu waduk besar di Jawa Barat. Lokasinya ada di daerah Cikalong Kabupaten Purwakarta dan sebagian masuk ke Kabupaten Bandung Barat. Menurut Wikipedia, waduk ini merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terbesar di Asia Tenggara. Selain menjadi PLTA, waduk ini juga sering dijadikan tempat pemancingan sama para mincing mania-ers, atau juga tempat wisata sama keluarga. So, kali ini ane bakalan cerita tentang liburan ke waduk Cirata. 

Bendungan Waduk Cirata
Ane berangkat dari Padalarang pukul 8.00 pagi, dan sekitar pukul 9.00 sudah sampai di Waduk Cirata. Tracknya gak terlalu sulit cukup liat papan petunjuk aja, atau Tanya warga sekitar banyak yang pada tau kok. Jalan menuju Waduk Cirata ini terbilang mulus, gak ada jalan rusak hampir semuanya sudah diaspal. Jadi buat mobil “kota” pun sepertinya gak bakalan terlalu bermasalah. Tapi setelah masuk dari jalan utama, jalan selanjutnya cukup sempit paling masuk 2 mobil pas, jadi buat motor harap sabar kalau ada 2 mobil yang bersebrangan. 

Sampai di gerbang pariwisata Waduk Cirata disini mobil membayar Rp.5000 rupiah untuk masuk, all in gak diitung per orang. Ditempat ini berjajar warung-warung makanan yang menu khasnya adalah nasi liwet dan lauk-pauk seperti ikan bakar, ataupun ayam bakar. Karena banyak warung yang berjejer pengunjung bisa memilih tempat yang kira-kira strategis buat parkir sama buat liat pemandangan sambil menikmati makanan. Pokoknya jangan terpatok sama warung pertama yang diliat, pilih-pilih aja dulu ini jejeran warungnya buanyak banget. 

Jajaran Warung Makan


Pemandangan dari warung makan
Seperti yang sudah ane singgung di atas, menu utama yang ditawarkan warung-warung makanan ini adalah nasi liwet, tapi jangan kira liwetnya sudah disediakan dan pengunjung siap bantai. Disini semuanya serba dadakan, nasi liwetnya juga dibuat sesuai pesanan. Jadi jangan minta cepet, minimal aja nunggu 1 jam buat mateng nasi sama masak lauk-pauknya, apalagi kalau pengunjung di warungnya lagi banyak atau pesanan lagi banyak  dijamin lebih lama nunggu. Kata yang udah beberapa kali ke sana, liwet ditiap warung ini punya rasa beda-beda ada yang standar ada juga yang enak pake banget, pinter-pinter milih aja. Ane sama temen-temen waktu itu total 8 orang, pesen makanan 2 citel (panci kecil untuk nasi liwet) , 2 kilo ikan bakar (ada 8 ekor ikannya), dan 10 tusuk sate maranggi total biaya yang dikeluarkan ane bilang cukup murah totalnya Rp.150.000. Saran ane buat yang gak suka ikan (seperti ane), mending pesen sate maranggi tapi minta supaya dibakarnya well done, soalnya waktu ane kesana satenya berasa kurang well done. Kalau suka lalapan, mending bawa dari rumah soalnya di warung-warung sini rata-rata lalapannya cuma mentimun aja.

Makanan yang dipesan

Hajar Bleh

Setelah kenyang bersantap di tempat makan, perjalanan dilanjutkan lagi. Ane sama temen-temen keluar area dari warung-warung makan untuk selanjutnya menuju ke Bendungan Waduk Cirata-nya. Mendekati bendungan, banyak ditemukan penjual makanan disamping jalan. Jadi kalau malas ke warung di atas, bisa juga berhenti sejenak di pinggiran jalan menuju Cirata. Berhubung ane sama temen-temen sudah kenyang, jadi langsung meluncur ke bendungan. Disini ada beberapa tempat parkir “dadakan”, dan biaya parkir buat mobil Rp.10.000. Sebenernya buat kesini enaknya agak pagi atau agak sore, kalau siang-siang panas banget. Di bawah ini ane kasih liat deh beberapa foto di Waduk Cirata, happy traveling!.

Bendungan Waduk Cirata
 
Ini sebenernya tempat parkir motor, mumpung lagi sepi.

Cocok buat foto rame-rame

Setelah foto ini diambil, kemudian ada petugas yang negur. JANGAN DITIRU YA!
Liburan ini dipersembahkan oleh:

Aris Salman Faris - Car owner, supir, main supporter.
Tryas Abdul Aziz - Document section.
Rahman Septiaji - Stress man from Jakarta who wanna have some refreshing.
Maulana - Blogger ganteng pada umumnya.
Sodara laki-laki TAA dan ASF - Haha hihi section.
Para ukhti - yang bikin foto ada manis-manisnya gitu.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
KSM TOUR
admin
22 Oktober 2016 13.47 ×

artikelnya bagus, ijin share https://ksmtour.com ya, terima kasih

Reply
avatar
maoels
admin
24 Oktober 2016 12.03 ×

Silakan, jangan lupa cantum link sumber ya..

Reply
avatar
Thanks for your comment