Taman Alun-Alun Bandung



Berhubung doi dateng dari ciamis ke bandung, maka tanggal 3 mei kemarin untuk pertama kalinya main ke alun-alun Bandung. Nyari tempat pacaran yang murah meriah (kere mode on), sekalian hunting mas kawin yang harganya untungnya tidak jauh naik dibanding terakhir kali beli taun kemaren. Kembali lagi kebahasan tentang Alun-alun bandung yang sudah dipermak menjadi indah. Ane sama doi jalan-jalan ke sekitaran alun-alun Bandung dan Gd.Merdeka pas deadline akhir dari sisa-sisa perayaan KAA 2015.
Taman Alun-Alun Bandung

Parkir motor bisa di deket-deket area Mesjid Agung Bandung, atau juga tempat parkir yang sudah disediakan sama PEMKOT Bandung di bagian bawah taman bagian depan Mesjid Agung Bandung, gerbang masuk parkirnya ada di samping kanan dari Alun-alun Bandung tempat Bus Damri berhenti. Biaya buat parkir atas samping jalan Mesjid Agung Rp.3000 rupiah, kalau buat yang di bawah taman kurang tau soalnya belum pernah nyobain juga. Tempat pedagang kaki lima juga ada di area parkir bawah taman, toilet juga ada situ jadi gak usah nebeng ke Mesjid Agung.

Mini Park Buat Anak-anak
Disekitaran taman Alun-alun Bandung dipasang banyak kursi yang terletak disamping jalan raya. Buat yang udah capek belanja atau sekedar foto-foto didaerah situ enak buat rehat sejenak. Kursinya nyaman, serta area yang cukup bersih meski ada sampah-sampah kecil yang masih ada berserakan tapi gak banyak kok. Disekitaran taman juga banyak ditemukan tempat sampah, jadi gak ada alasan buang sampah sembarangan lagi. Meski tempat sampah dibagi dua menjadi Organik dan NonOrganik, tapi orang-orangnya belum banyak yang faham banyak yang salah masukin sampah gak sesuai dengan kriterianya. Setidaknya sudah satu step lebih maju sadar kebersihan lingkungan.

Masih disekitaran taman, disediakan juga kursi dan meja untuk rehat pengunjung. Buat yang bawa makanan juga bisa nebeng di mejanya, asal tetep jaga kebersihan. Ini taman yang menyenangkan dengan tiket masuk seharga NOL Rupiah AKA GRATIS!! Jadi jangan sok-sok an belaga buang sampah sembarangan, kena denda Rp.250.000 aja baru kerasa. So far masih ada beberapa kegiatan pembangunan di area taman ini, jadi mari kita jaga sambil nunggu penyempurnaan tamannya.

Area taman utama di alun-alun dialasi dengan rumput sintetis. Kalau bawa anak-anak yang baru belajar jalan gak usah khawatir jatuh juga gak akan terlalu sakit. Masuk ke area rumput sintetis ini mohon buka alas kaki ya! Biar tetep bersih, toh pengunjung yang lain juga pada buka sepatu. Tapi kalau semalam Bandung diguyur hujan bisa dipastikan area rumput sintetis ini pagi-pagi masih agak basah, jadi tunggu kering aja kalau gak mau kaki basah. 

Pilihan lain selain taman di depan Mesjid Agung Bandung ada tempat asik buat rekreasi atau sekedar santai-santai, masih di sekitaran Alun-alun Bandung. Daerah Gedung Merdeka, disini merupakan paket lengkap setelah liburan di taman depan masjid. Lokasinya cuma bersebrangan dengan alun-alun bandung, terus jalan sedikit kea rah timur (berlawanan arah kendaraan di jalan raya). Disini pertama kali bakalan liat sungai Cikapundung yang udah bersih tanpa sampah, meski warna airnya masih coklat akibat hujan dan tanah yang terbawa arus. Disini juga sudah diperindah oleh PEMKOT Bandung, udah nyaman pisan buat santai atau liburan. Terus jalan disepanjang samping sungai bakalan ditemui area pedestrian yang dihiasi oleh bola-bola batu dipinggirannya, ada juga tiang-tiang bendera, dan di ujungnya ada tempat buat kumpul dengan pusatnya air mancur.

Sekitaran S.Cikapundung ada air mancurnya..
Disepanjang samping jalan Asia-Afrika ini banyak ditemukan kursi-kursi buat pengunjung duduk. Buat sekedar melepas lelah belanja di Pasar Baru atau ngerumpi bakalan seru. Lagi-lagi di area ini juga tetep kebersihan terjaga dengan baik. Peraturan yang cukup “mengerikan” tapi bikin orang jadi peduli terhadap lingkungan. Waktu ane sama cabin maen kesana ditemukan banyak banget orang-orang bikin gambar tentang kota Bandung, ada yang gambar Mesjid, Alun-alun, Gd. Merdeka, dan latar-latar lainnya yang berhubungan dengan Kota Bandung. Gak bakalan rugi lah sekarang mah kalau mau maen irit ke Kota Bandung, udah banyak yang direhab dan diperindah sana sininya.
Kursi disamping jalan Asia-Afrika (Gd.Merdeka)

Previous
Next Post »
Thanks for your comment