Belajar be kalemer be woleser

Assalamualaykum Wr.Wb.



Akhir-akhir ini lagi asyik nongkrongin tweetnya ustadz Yusuf Mansyur. Meski banyak pro dan kontra tentang usahanya, ane gak ngurusin itu hehehe, yang penting ilmunya manfaat. Salah satu yang ane suka dari bahasan beliau adalah selalu menjadi orang yang kalem atau woles. Menjadi orang yang kalem itu susah-susah gampang, terlebih kalau misalkan lagi banyak masalah duniawi. Boro-boro bisa kalem yang ada malah terus naek tensi darah :p

Selalu inget Alloh itu salah satu yang paling utama menjadi seorang kalemer. Ketika kita selalu ingat kalau kita punya Alloh, maka masalah sebesar apapun akan menjadi kecil karena Alloh itu Maha Besar, seberat apapun masalah yang kita punya bakal terasa ringan karena Alloh itu Maha Kuasa atas segala. Sebenernya mudah aja sih biar inget Alloh terus, baca aja Bismillah di tiap awal kegiatan yang kita lakuin, misal mau mandi, buka pintu, buka baju, pake baju, tutup pintu, mau makan, dan lain-lain.

Menjadi kalemer yang baik juga bisa pake cara yang ane pribadi suka pake yaitu komparasi antara masalah sama rejeki yang udah ane dapet. Se-stress apapun, biasanya masalah itu gak terlalu banyak. Andai dihitung pake jari pun jarang yang nyampe 20 biji, kalau lebih ya boleh lah minjem jari orang lain hehehe.. Tapi kalau rejeki, kita minjem jari semua orang yang ada didunia dari zaman Nabi Adam sampe nanti Kiamat gak bakalan cukup, udah lebih banget dah rejeki Alloh yang udah dikasih ke kita dibandi ujian yang gak seberapa. Lagian ujian itu cuma dikasih Alloh kepada orang yang mampu meng-handle-nya. PeDe aja makanya gak usah takut dunia, Alloh itu pemiliknya.

Temen ane juga ada yang nanya kenapa kok keliatanya idup ane ini seneng, adem, gak banyak masalah, gak ngeluh, dsb-dsb. Ane sih cuma mikir ulang aja kalau mau ngeluh, betapa banyak banget nikmat Alloh yang udah dikasih ke ane, masa iya dikasih ujian gitu aja melempem, malu deh sama Alloh hehehe.. Banyak-banyak aja bersyukur, jangan sama sekali kufur. Saran ane agan semua bikin hobby baru deh, misal ketika kita galau, banyak masalah, kita perbanyak juga sedekah. Buat ane pribadi asli ini ngebantu banget, ngeliat orang lain tersenyum, bersyukur kepada Alloh kok nih ati bukannya strees berkurang harta malah anteng yang ada. Berasa adem, seneng liat orang lain seneng. Lucunya kalau kita sedekah, gak bakal berkurang harta yang ada malah nambah. Ini amalan sedekah luar biasa, udah nambah harta, nambah pahala pula. Subhanalloh banget dah.

Mumpung bulan Ramadhan, banyak-banyak bersyukur, banyak-banyak sedekah, ingsya Alloh hidup bakal jauh-jauh lebih mudah. Ada masalah, kalem aja be kalemer karena kita punya Alloh, Ia yang gak bakalan mengkhianatin kita, Ia juga yang bakal membantu kita. Tinggal kitanya aja pinter-pinter ngedeketinnya, jangan pengen terus dibantu, pengen terus dikasih rahmat tapi ibadahnya ogah-ogahan, malu atuh ya. Gak kerasa juga ramadhan udah tinggal setengah bulan lagi, bukan sibukin di pasar ya, sibukin di mesjid di rumah Alloh. Karena pahala ramadhan ini makin gede ketika makin mendekati tanggal tua, don't miss it gak ada jaminan bakal ketemu ditahun depan.

Tengkyu ya udah baca celotehan ini semoga bisa jadi manfaat. Kalau ada kekurangan mohon dimaafkan maklum lagi belajar :D

Wassalam
Previous
Next Post »
Thanks for your comment